Sabtu, 21 Januari 2017

Aku sudah belajar, tapi kenapa nilaiku tetap jelek?




Image result for belajar stress



Hey kawan!! Kamu pasti pernah kan mengalami hal seperti ini? => "Aku sudah belajar, tapi nilai masih tetap rendah, jelek, hancur, dan segala macamnya"

Owhh goshh... itu mah biasa kann?? (*Engga bagi ku yaa :) )


Kalo kamu belum pernah mengalami hal seperti ini, kamu pasti adalah orang yang PALING BERUNTUNG di DUNIA ini.

Engga percaya?? => coba deh pikirkan sejenak :


# Teman kamu belajar, sedangkan kamu asyik sendiri dengan kerjaan kamu

# Teman kamu rela lembur dan begadang demi belajar, sedangkan kamu malah enakan tidur

# Teman kamu terus-terusan tanya sana-sini demi mengerti, sedangkan kamu belajar sendiri dengan waktu yang cukup singkat

# Teman kamu blablabla (yang ga enaknya lah pokonya), sedangkan kamu blabalabla (yang enak-enaknya aja)

# Kalian sama2 ujian, namun nilai kamu lebih tinggi dari dia. (What the -----??!!)


Kalo dipikir-pikir kamu itu beruntung banget, tau gak!? Coba deh kamu di posisi teman kamu, pasti kamu cemburu. "Ih,, enak banget ya si kawan itu. Aku capek2 belajar, tapi dia malah enakan main".


Oke.. oke.. itu bukan bahasan kita sekarang. Cukup untuk kata pengantarnya.


"Aku sudah belajar, tapi kenapa nilaiku tetap jelek?"


Kenapa ya?? Waktu itu aku pernah tanya sama kawan sekelas : Hisartua Sitorus, Franky Napitupulu, dan Sapto Sirait.

Akhirnya, aku mengambil kesimpulan bahwa :


1. Kamu tidak Lucky! Apa yang dipelajari, apa yang diujiankan?

Lho?? kok bisa?? -- bisa dong! apasih yang ga bisa?

Kamu memang sudah belajar, namun apa yang kamu pelajari ternyata tidak ada yang masuk?? Owh,, gosh.. kamu pasti pernah merasakan sensasi seperti ini kan?? Buat greget.. haha.

Solusinya : Coba tebak dan pikirkan apa yang kira-kira masuk. Biasanya itu apa yang ditekankan pleh guru/dosen, dan juga merupakan poin-poin yang dianggap penting. Dan yang pasti, belajarlah dengan teman2 kamu.


2. Kamu nge-BLANK pas ujian

Hehe... ini yang paling dialami oleh kita-kita, kan?? Kamu sering berpikir bahwa kamu sudah betul-betul siap dan sudah cukup percaya diri untuk mengerjakan soal, namun pas di TKP : "OH NOOO!!! KOK BISA AKU LUPA??"

Biasanya hal ini disebabkan oleh :

  1. Kamu orangnya gugupan. Jadi pas ujian, kamu tiba-tiba lupa. 
  2. Kamu sering nge-judge kalo kamu tidak bisa mengerjakannya, namun belum mencoba. 
  3. Pas lihat soal, kamu langsung mengatakan pada otak kamu bahwa soal itu sulit. Jadi, mau tidak mau, kamu lanjut ke soal berikutnya, namun kamu merasakan hal yang sama sebelumnya sehingga kamu menganggap semua soal sulit, padahal kamu sudah mempelajarinya baik-baik. 
  4. Pas ujian, pengawasnya adalah guru/dosen yang PALING kamu BENCI. (#pengalaman_gue_bro!). Pokoknya ga ngeh banget kalo udah ginian. Langsung terbawa emosi. Sial! 
  5. Kamu pas pada kondisi yang kurang fit : sakit kepala, sakit gigi, sakit perut. dan yang lebih parah..... sakit hati.. wkwkw pasti kamu jadi baperan terus mikirin si dia yang menyakiti kamu. 

Solusinya : tetaplah berpikir positif dan hindari yang negatif (klise banget yahh?? -.-" )


3. Kurang persiapan : sepele saat di kelas dan belajar


Mungkin kamu sepele waktu belajar. Inilah yang paling sulit untuk dihindari, karena musuhnya adalah diri sendiri. Kita yang ingin bisa, tapi kita sendiri yang menolaknya.


Solusi : Yah... itu mah bergantung pada kamu yaa.. Tekadkan diri kamu untuk belajar. Usahakan hindari gadget yang sering lengket pada kamu.


Mau bagaimanapun, anggaplah BELAJAR itu adalah sebuah keBERUNTUNGan dan keBAHAGIAan, dimana hal itu akan selalu membuat kamu senang belajar. Jangan pernah menganggap belajar itu adalah sebuah beban, karena jika kamu berpikir seperti itu, maka kamu adalah orang paling ketinggalan di dunia ini.

Orang-orang di luar negeri sana, sudah memikirkan bagaimana mengembangkan teknologi baru, sedangkan kamu malah santai ria tanpa tahu apa-apa. Coba menjadi seperti mereka selama itu bukan suatu masalah ~Pak I Gde Eka Dirgayussa - Dosen Fisika IT DEL

Kalo ada yang ingin kamu tanyakan tentang motivasi belajar, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya.

50 komentar:

  1. Aku sering di remed padahal aku sudah belajar sampe lembur :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh... Jangan lupa istirahat dan jangan memaksakan tubuh dan otak. Karena klo otak dan tubuh udh merasa lelah, yg ada malah nge hang.

      Klo udh emng udh ga masuk2, bnyak makan buah, coklat, dan minum air putih. Wkkw

      Jangan lupa berdoa jugaa. Semangat😁

      Hapus
    2. Kita harus yakin bahwa kita bisa ...
      Belajar dengan sungguh sungguh berusaha...dan di dorong dengan doa... dan selalu mengingat allah swt... jelek tidak nya nilai kita itu sudah yang terbaik yg telah di tentukan allah swt...

      Hapus
    3. Sama, padahal belajar siang pulang sekolah , sore , malem sampe lembur tapi nilai tetep remed , kadang iri sama temen gw yang ngga belajar dan cuma belajar disekolah tapi nilainya 100 mereka beruntung bngt 😭

      Hapus
    4. Iyaaa bener, kadang capek sendiri, udah bener2 usaha belajar dari pagi malem ulang2, eh tiba2 nilai malah rendah :)

      Hapus
  2. Aku udhh bljarr sepenuhnya udh ngerti bnget,tpi knpa ttp nilaiku jlek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aku juga kek gitu"iya gimna lagi"harus remidi😭 intinyajangan panik☺

      Hapus
    2. Iya aku juga sering kaya gitu 😫😭😭

      Hapus
  3. Karena nilai tidak menjamin kesuksesan...😎

    BalasHapus
  4. karena bahasa soal ama bahasa kita bedAa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener bgt, sadar kenapa sekarang nilai aku kek gini

      Hapus
  5. sering banget udah belajar sampe malem, udah diniatin tapi waktu tes nilainya dibawah kkm dong T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sama,ada perasaan sedih sih. Apalagi saya juga anak pindahan dan ga akrab sama teman sekelas saya. Daring ini menurut ku agak gimana gitu

      Hapus
  6. uadh belajar dan mengatur waktu dan sudah mempersiapkan ujian sejak lama kenapa nilai tetap jelek juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Weh:'),aku dah belajar nilai sehari hari juga bagus tapi ujian dapet jelek nangis banget:(

      Hapus
  7. Nyesel anjir gw serius belajar temen gw ngegame tapi dapat nilai bagus karena nyontek, gw yg berusaha malah di bawah KKM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama temen gwe aja ngga pernah belajar eh giliran ada ujian dia dapet nilai bagus aku kadang bingung dengan mereka ngga belajar tapi nilainya tetep bagus sedangkan aku udh belajar tetep aja nilaiku down

      Hapus
  8. Udh inget pas maju buyar semua"(

    BalasHapus
  9. Padahal sudah belajr pagi sampai malam tapi nilai selalu rendah

    BalasHapus
  10. Kak ini kan aku PTS knp yha aku udh belajar berdoa berusaha udh jujur tapi nilaiku tetep jelek lebih jelek dari temen temen ku yang liat buku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetep smangat,jangan nyerah! Gak perlu kecewa...perbaiki lagi kedepannya. Allah yakin kamu mampu, mangkaya dikasih ujian kea gini..keep spirit

      Hapus
    2. Apa jangan jangan kapasitas otaknya yg beda πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  11. Pasti nilaiku dibawah KKM dari Senin kemaren padahal aku udh berusaha temenku aja ngga belajar dapet nilai bagus aku yang belajar dan ku siapkan sebaik mungkin malah down terus nialiku dari hari Senin kmrn jelek terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama bgt aku juga gitu...
      Temen aku yg enggak belajar nilai nya tinggi dri pd aku...

      Hapus
  12. Yang penting hargai prosesnya aja. Iya... Kamu hebat, kamu udah berusaha dengan yang terbaik. Jangan putus asa ya...
    Kamu hebat kok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walopun udh bljr tpi tetep nilainya kecil, jan nyerah... Pelajari trus smpe kmu nguasain materinya, Allah yakin kamu bisa:')

      Hapus
  13. aku dah belajar sampai begadang. ehhh taunya temenku yang sering ngajak main game online bareng waktu lagi ulangan. malah dia yang dapet nilai besar.

    BalasHapus
  14. untung aku gk ada nilai d. sungguh kebesaran allah SWT

    BalasHapus
  15. Aku udah ngerti materinya, udah belajar dan les tapi pas ujian aku remed sendiri, dan itu sering banget terjadi, aku salah dimana? Apa aku kurang doa? γ… γ……γ… 

    BalasHapus
    Balasan
    1. atsatghirullah samaaa T^T (ps. kalau aku gak les sih) tapi sempet remed sendiri lah,, berkali-kali remed di mapel yang sama. apakah ini emang bentuk ujian untuk kita ya? barangkali kalau kita ga remed kita malah udah seneng duluan dan jadi lupa kerja keras? Tuhan pasti tahu yang terbaik! walaupun sakit, nyeri, nyesek, sedih,,, kita perlu semangat!! T^T

      Hapus
    2. Keep spirit, aku aja udh bljr siang malem ampe bgadang..tapi tetep ajah ada yg nilai kecil. Rasanya nyesek, nangis banged. Allah ngasih ujian ini ke kita, berarti Allah yakin kita mampu melewatinya:) Tetep smangat yak!!!

      Hapus
    3. Keep spirit, aku aja udh bljr siang malem ampe bgadang..tapi tetep ajah ada yg nilai kecil. Rasanya nyesek, nangis banged. Allah ngasih ujian ini ke kita, berarti Allah yakin kita mampu melewatinya:) Tetep smangat yak!!!

      Hapus
  16. ketika ada yg nilainya lebih besar dri kita , aku mrasa iri , tambah benci, knp ya , rasa ingin mengalahkan nya deh bener bener dah , wkwk jujur , aku bnci kalah dalam hal apapun

    BalasHapus
  17. Aku udh les, udh belajar dan bisa nyoba beragam soal tetapi saat TO UTBK ntah kenapa jd nggk bisa dan skor ku gk pernah bagus. Padahal sudah H-1 bulan lg UTBK tp rasanya masih blm siap. Kadang aku ngerasa bodoh bgt malu sm ortu udh bayarin mahal2 buat les tp hasilnya gitu2 aja

    BalasHapus
  18. Aku sebel sama kayak ujian itu bener bener diluar apa yang aku kira, aku udh belajar aku ngerti materinya aku lebih suka ujian lisan Karena tes yang dilakukan langsung tanpa jeda. Aku merasa nilai kecil padahal sudah berusaha sekuat mungkin, tapi kenapa banyak yang nilainya lebih besar padahal kalau disekolah dia g pernah antusias dia selalu minta tugas org lain tapi kenapa dia rela boong untuk nilai yang tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aku juga gitu. Sedih banget. Padahal kita yang bener-bener belajar sampai paham aja masih remed. Kok bisa mereka yg kalo ujian offline nilainya dibawah kkm, sedangkan ujian online nilainya malah selalu besar. Rasanya ngga adil banget:"(, sebel banget rasanya:"(, mana kalo ujian pada liat google lah, dibantu ibunya lah. Ini ujian apa, apa woii:"( ༎ຶ‿༎ຶ༎ຶ‿༎ຶ༎ຶ‿༎ຶ༎ຶ‿༎ຶ༎ຶ‿༎ຶ

      Hapus
  19. aku jga kecewa, padahal aku udh belajar semaksimal mungkin aku udah paham, dan aku udah menjawab semua soal dengan teliti tapi kenapa nilaiku jelek ya?engga sesuai ekspektasiku:"(, kadang aku bingung sama temenku kok bisa yg awalnya kalo ujian offline nilainya dibawah kkm sedangkan kalo ujian online nilainya selalu besar, aku aja sampe kalah:"(

    BalasHapus
  20. Nilai uts gua jelek masa Pkn dapat 32 wwk

    BalasHapus
  21. Gimana saran menghadapi krlas toxic karna gua sudah terganggu.

    BalasHapus
  22. Aku udh belajar usaha, kenapa kok nilai nya gak pernah memuaskan ,aku capek ....

    BalasHapus
  23. Kak aku down banget udah belajar latihan eh tetep aja remed. Tapi temen²ku yg gk paham materi bahkan minta tugas ke aku gk ada yg remed. Sumpah aku binggung apa yang salah kenapa coba

    BalasHapus
  24. Yallah padahal uda ngerasa bisa uda belajar juga knp masih sering remed:(
    Padahal q sempat ngajarin teman ku sampai dpt nilai sempurna sedangkan aku malah kebalikannya :(

    BalasHapus
  25. gue udah belajar tapi malah remed, sedangkan tmn gue yng nyantai malah dpt bagus terus :( dia itu temen yng suka bareng sama gue, yng dulunya gue diatas dia skrng dia malah diatas gue haha gue udh belajar semaksimal mungkin, temen gue? cuma nunggu jwaban dari temen temen gue yg lain ahahaha lucu. boleh kan ya gue marah? boleh kan gue ngerasa tersaingi? cape tauuu hehe

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Nilai ujian PASku sekarang lebih hancur dari yang kemarin, padahal aku dah belajar lebih keras lagi dari yang kemarin malah sekarang lebih jelek, ngga ada yang tuntas sama sekali. Pelajaran yang aku bener" suka aja ngga sampai kkm mentok di 60 terus. Sampe nangis aku, padahal temenku yg biasanya dibawah ku tiba" pada bagus" diatas semua dari nilai ku. Aku malu bgt

    BalasHapus
  28. Materi yang aku pelajari masuk semua,aku ngejawab bener ,numun nilai ku tetap kecil?

    BalasHapus